Tips Menghadapi Tilang dari POLISI


Dari milis “Tetangga” :

sodara-sodara, meski banyak kerjaan di kantor, gue hari ini telat
dateng, demi misi mulia, yaitu ngurus Tilang secara jujur, tanpa nyogok.
Satu hal yg perlu gue sharing buat kalian adalah : kalo lu ditilang di
jalan oleh polisi apapun, jangan sekali2 damai atau ngasi duit, bilang
tilang aja langsung. hasilnya tuh plokis pasti bete karena gak dapet
duit, kedua, ngurusnya gampang kok, dan dendanya resmi…begitu
sodara..sodara.

Tips nya :

1. kalo lu ditilang di jalan sebenernya ada dua pilihan (gue juga baru
tahu), form biru dan form merah.

2. Form biru adalah kalo lu terima kesalahan lu (artinya lu gak perlu
berdebat ama hakim). Dgn form ini lu bayar dendanya di BRI yg ditunjuk
(nanti tabel dendanya ama lokasi BRI bisa minta ke gue kalo minat), abis
bayar denda resmi ke BRI, ambil SIM ato STNK yg disita ke kantor
Ditlantas POLDA Metro di Pancoran, gedung baru, sebelum Gelael arah
cawang. Disini ada ruang khusus loket Tilang, ruang tunggu nyaman
ber-AC, dengan hiburan SateliteTV (norak ya gue)

3. Form merah artinya lu gak terima kesalahan lu, dan dikasi kesempatan
untuk berdebat ato minta keringanan ama hakim. Biasanya tanggal sidang
adalah maksimum 14 hari dari tanggal kejadian, tergantung hari sidang
Tilang di PN (Pengadilan Negeri) bersangkutan. Contoh gue ditilang di
Kuningan, berarti sidang di PN Jaksel, jl ampera, disini sidang tilang
setiap selasa. Nah oleh polisi, barang sitaan (SIM or STNK) akan disetor
ke kantor Ditlantas pancoran itu sampai dengan H-1 tanggal sidang. Jadi
selama masih di pancoran SIM/STNK itu bisa ditebus tanpa sidang ke PN,
cukup ke loket yg gue sebutin tadi, serahin form merah, bayar dendanya,
SIM/STNK balik dengan sukses.

4. H-1 tgl sidang dan seterusnya, SIM/STNK udah dikirim ke pengadilan
sesuai daerah perkara, jadi kudu ditebus di PN masing2

5. Kalo pengen hadir sidang, dateng sesuai tanggal sidang yang tertera
di surat Tilang ke PN yg ditunjuk. Tapi ini gak gue saranin. Kenapa ?
karena antreannya luarbiasa banyak, kita gak punya kesempatan bertemu
hakim, karena sidangnya sebenarnya IN ABSENTIA, dan banyak banget CALO
yg nawarin bantuan. Mending enggak deh

6. Lebih baik cuekin aja tanggal sidang, ambil SIM/STNK terserah elu di
hari lain, hindari hari sidang tilang biar gak rame, terus langsung tuju
Loket khusus Tilang yang ada di masing2 PN. Tunjukin form merahnya,
dalam 5 menit SIM/STNK udah di tangan elu dengan bayar denda resmi.
Sebelumnya cermati berapa denda resminya, biar gak dilebih2in ama
petugasnya (tabel denda resmi gue punya in PDF). Contoh nih, gue tahu
denda masuk jalur cepat (gue naik motor) Rp.15000, petugasnya bilang
Rp.25600, dikasi angka 600 seolah2 itu perhitungan rumus2 njelimet,
padahal akal2an aja biar ada yg masuk kantong dia. Gue kasi uang bulet
15.000 dia diem aja kok..hehe

7. Udah ngerti kan. jadi intinya : jangan sekali2 damai ama polisi di
jalanan, tilang mah tilang aja, pilih prosedur sesuai tips diatas, gak
usah sidang kalo gak pengen bete, cuekin calo2 yg nawarin bantuan, bayar
denda sesuai tarif resmi. Semua ini demi INDONESIA yg bersih dan
berwibawa gemah ripah loh jinawi…hehehehe

PS : berdasarkan pengalaman dan bantuan dari berbagai milis, makanya gue
pede ngadepin mereka. Silakan disebar ke temen2, biar gak ada yg diperas
ama plokis, calo dll. Merdeka !!

 

source:

http://safruddin.wordpress.com/2007/06/16/tips-menghadapi-tilang-dari-polisi/

5 thoughts on “Tips Menghadapi Tilang dari POLISI

  1. Merdeka! Hehehe, kalau di tempat ane semua tarif denda flat, Gan. 50ribu rupiah. Entah itu gak pake helm, spion cuma satu, atau lupa nyalain lampu. (Walau kadang yang terakhir ‘cuman’ ditarikin 20.000).

  2. gan, blh dikirimin tabel denda resminya untuk referensi? ane br kena tilang ne, biar ga dibodohi polisi2.. thx ya….🙂

  3. Boleh dong bgi pngalaman.Wah bru tau aq lho,2hr blakangan aq kna tilang gara2 spion ngk kepasang tp ada dlm jok,tau2 polisi nyetop tp aq ngk berhenti maen kabur aja krna Ʊϑªђ telat kerja trus dkejar ama polisi tu.trus dbwa kepos.kunci mtr aq dtahan.dbawa kepos polisi.krna ku pkir aq ngk bwa sim atw stnk jadi aq mta damai.eh polisi liatin pasal katanya denda 250rb.ngk bsa nego lagi.trus dia bkin surat tilang tp aq dapat form warna kuning.ЌƏĿº kuning itu apa ya…krna ku ngk mau mtr aq lama ditahan jadi aq tebuslah 250 dan ksih balik form itu.tp ngk ada tanda terima apapun.kalo polisi tu ♍άù curang biar ja tmbah buncit perutnya.ngk ♍άù lgi lah dbodoh bodohin.mending ikut sidang aja

    • Iya gan..
      Kadang kita seperti terjebak dalam sistem dan pada ssat itulah kita dituntut buat ikhlas ikhlas dan ikhlas.

      Biarkan saja.
      Semoga lain kali kita terhindar dari hal smacam itu lagi.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s