Merokok Membunuh Anda Hidup-hidup


Barangkali ini adalah slogan basi yang sudah sangat sering ditampilkan di iklan tv, radio, papan reklame, billboard, spanduk, dsb yang menyatakan bagaimana bahayanya merokok. Sudah banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah maupun LSM untuk memberi tahu masayrakat bagaimana bahayanya merokok, tapi toh nyatanya masyarakat seperti hanya tidak mendengar dan melihat. Iklan layanan masyarakat tersebut bak kilatan petir yang pada saat muncul memang mengagetkan namun semenit kemudian udah langsung terlupakan.

Saya sebagai pribadi juga miris, prihatin sekaligus kasihan melihat prilaku konsumen rokok Indonesia. Mereka tanpa sadar demi menikmati tegukan asap yang saya pikir ‘tidak penting’ itu, mereka telah mengorbankan nyawa dan organ-organ vital mereka yang tentunya tidak bisa dibeli ketika rusak. Mereka tanpa sadar telah mengurangi umur mereka beberapa tahun lebih pendek dari yang seharusnya jika mereka tidak mngkonsumsi rokok.

Namun yang  paling menyebalkan dan ‘tidak punya hati nurani’, para pengkonsumsi rokok ini tidak hanya meracuni dirinya sendiri, namun juga meracuni orang lain yang sama sekali tidak merokok. Mereka merokok dimana saja, di restoran, di bus, di pameran, di outdoor exhibition dan dimana saja dimana para perokok pasif juga ikut menjadi tumbal dari “kerakusan” mereka dalam menghisab rokok.

Oleh sebab itu saya ingin mencoba membuka mata para pencinta setia rokok bahwa hobi yang sangat digandruni mereka itu adalah hobi yang akan membunuh mereka hidup-hidup. Berikut organ yang paling menjadi korban dari hasil konsumsi rokok :

JANTUNG

Jantung akan mengalami penghitaman karena unsur nikotin yang bercampur pada darah yang dipompa oleh jantung.

PARU-PARU

Sebelah kiri adalah paru-paru yang sehat. Sebelah kanan adalah paru-paru yang rusak karena rokok. Coba anda merokok lalu asapnya tiupkan pada kapas putih, maka kapas putih akan berubah menjadi coklat. Bagitulah warna paru-paru anda saat ini.

 TENGGOROKAN

Tenggorakan adalah jalur yang dilewati asap bernikotin saat anda merokok. Penumpukan nikotin dan beragam zat aditif rokok pada dinding tenggorokan dapat menimbulkan kanker tenggorokan.

OTAK

Merokok dapat menyebabkan pendarahan pada otak karena penumpukan nikotin dan karbonmonoksida pada otak .

KEMATIAN JANIN/KEBODOHAN PADA JANIN

Ibu yang meroko pada saat hamil dapat menyebabkan kematian pada janin yang dikandung. Sementara ayah ataupun ibu yang merokok meskipun pada saat tidak hamil, dapat menyebabkan kebodohan pada keturunannya karena zat aditif rokok menempl pada kromosom yang bisa diturunkan pada keturunan dan menyebabkan kebodohan permanen.

Jadi jika anda tidak mau mengalami hal seperti di atas, maka STOP MEROKOK dari SEKARANG dan AJAK SAUDARA dan TEMAN ANDA untuk STOP MEROKOK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s