Salah Konsep : Iklan American Tourister


Mmm..bingung mau dimulai dari mana.

Bagaimana ya??*Berpikir..*

Begini saja. Anda pernah melihat iklan American Tourister?

Iklannya adalah segerombolan orang bule, laki-laki dan perempuan, sedang berkumpul siap dengan koper mereka masing-masing. Mereka berdandan dengan gaya yang beraneka rupa layaknya orang yang akan pergi tour atau jalan-jalan. Beberapa saat kemudian seperti ada yang memberi isyarat kepada mereka, mereka semua melihat ke arah langit. Mereka semua berdiri, mengambil ancang-ancang, lalu mereka berlari sambil menarik travel bag mereka masing-masing. Namun pada satu titik, satu per satu mereka terbang ke langit. Di akhir iklan muncul tulisan “Enjoy your …bla bla bla..”. Diikuti dengan muncul logo besar “American Tourister” dengan warna khas star spangled banner nya..

Setelah melihat iklan tersebut apa yang anda pikirkan? Iklan tentang apakah American Tourister ini? Apa kira-kira produk yang mereka tawarkan dalam benak anda?

Saya sudah berpuluh kali menyaksikan iklan ini dan hanya 2 produk yang ter-ngiang dalam fikiran saya:

1. Perusahaan Penerbangan(semacan Garuda Indonesia atau Cathai Pacific), yang bernama American Tourister.

2. Agen Perjalanan Tour and Travel, yang bernama American Tourister.

Apakah anda juga berpikir demikian?

Percaya atau tidak, ternyata kedua jawaban tersebut SALAH!!!

Saya tidak tahu apakah saya memang tolol atau tidak nyambung atau bagaimana. Dengan beberapa tes IQ yang saya jalani dan menghasilkan predikat sama, “Superior”, rasanya sangat lucu kalau dengan status tersebut saya tidak bisa menangkap produk apakah sebenarnya yang ditawarkan oleh American Tourister ini.

Tapi ya begitulah kenyataannya. Ternyata produk yang mereka tawarkan bukan Jasa Penerbangan ataupun Biro Perjalan, tetapi MEREKA MENJUAL KOPER!!! Waw…gila, ini benar-benar jauh sekali dengan asosiasi yang muncul dalam otak saya. Ya, ternyata American Tourister ini adalah perusahaan pemroduksi Koper ternama dari USA. Saya baru mengetahui ini ketika produk ini diutarakan oleh artis dalam sebuah acara infotainment.Wkwkwkw…

Lalu terkait dengan judul saya di atas, SALAH KONSEP, saya akan mengutarakn beberapa alasan kenapa yang ada dalam fikiran saya adalah kedua produk di atas :

1. Mereka berpakaian ala turis/orang yung akan mengadakan tour lengkap dengan koper mereka.

Keanehan : Mereka menggunakan koper dengan warna yang sama yaitu Merah. Ini sama sekali tidak menonjolkan bahwa produk yang ditawarkan adalah koper, melainkan sebuah jasa perjalanan.

Saran : Seharusnya mereka menggunakan koper yang berwarna-warni dan beraneka bentuk sehingga audience dapat langsung menangkap bahwa yang ditonjolkan dalam iklan ini adalah KOPER-nya.

2. Hampir di akhir iklan, semua orang Terbang ke langit.

Keanehan : kenapa harus terbang ke langit? Ini akan ditangkap oleh audience sebagai iklan maskapai penerbangan. Padahal kalau memang menawarkan koper, koper itu tidak hanya dipakai oleh orang yang menggunakan jasa transportasi udara saja. Orang yang menggunakan kereta api, kapal maupun bus pun menggunakan koper (travel bag).

Saran : sebaiknya ditampilkan saja orang dengan berbagai karakter, berbagai tempat dan di berbagai moda transportasi. Misalnya Si bule sedang naik pesawat, si China menggunakan kapal laut, si India menggunakan bus dan Si indonesia menggunakan kereta api. Ini akan lebih mudah ditangkap oleh audience ketimbang bergaya-gaya barat tapi malah tidak bisa ditangkap inti iklan tersebut. Kalau kata guru SD saya, terlalu aksi jadi terasi.hehe

3. Di akhir iklan, gaya penyampaian si pengisi suara memberi kesan bahwa American Tourister ini adalah sebuah Agen Perjalan. Nuansa Agen Perjalanannya sangat kental.

Saran : Tidak ada salahnya jika di akhir iklan ditampilkan bermacam koper produk American Tourister dengan aneka warna dan variannya. Hal ini menegaskan bahwa yang dijual di iklan ini adalah KOPER, bukan agen perjalanan maupun maskapai penerbangan.

Saya sudah beberapa kali menemukan iklan yang terkadang susah ditangkap pesannya oleh audience. Sayang aja, padahal perusahaan sudah invest dana yang tidak sedikit untuk membuat iklan ini, mencari talent, membuat iklan lalu menjualnya ke stasiun TV. Tapi hasilnya malah tidak efektif. Bayangkan jika saya tidak melihat infotainment tadi pagi, sampai iklan ini ditutuppun mungkin saya tidak akan menangkap inti dari iklan ini. Dan satu hal lagi, tidak semua orang menyaksikan infotainment. Itu artinya, jika orang-orang ini tadinya juga berpikir bahwa American Tourister ini adalah sebuah maskapai penerbangan atau agen perjalan, maka bisa dikatakan iklan yang sudah dibuat dengan dana milyaran rupiah ini akan terbuang sia-sia tanpa menghasilkan keuntungan untuk perusahaan. Bukannya untung, malah buntung yang ada.

 

Ayo berlanggan sekarang juga untuk mendapatkan setiap update dari Blog Ki Kuak, cukup klik disini atau klik https://rezkyanadralee.wordpress.com/feed/. Setiap update akan langsung dikirim ke email anda lho!!

 

4 thoughts on “Salah Konsep : Iklan American Tourister

  1. Saya merasa senang sekali, iya atau bukan karena review yangs saya bikin ini, yang jelas American Tourister sudah memodifikasi iklannya seperti saran saya di nomor 3. hehehe…

    Lumayanlah daripada iklan yang terdahulu, kurang jelas Pak pesan yang disampeinnya. Hehehe..
    Bravo American Tourister!!!

  2. kalo ga salah american tourister ngeluarin produk seri koper “iLite” yg sudah jelas tentu menawarkan koper ringan, mungkin itu berhubungan dengan iklannya yg “turis terbang” itu😀

    walaupun saya juga pada awalnya berpendapat bahwa itu seperti iklan maskapai penerbangan, tapi setelah melihat iklannya berkali2, saya jadi pengen berwisata tentunya dengan koper berwarna merah khas American Tourister. Dengan kata lain, iklan tersebut berhasil membujuk saya😀

Leave a Reply

