Macetnya Jakarta


Masalah macet sepertinya sudah menjadi santapan sehari-hari warga Jakarta dan sekitarnya. Tidak bisa diketahui asal muasal dan pangkal permasalahan yang membuat lingkaran setan yang telah merugikan negara trilyunan rupiah setahun ini terus terjadi dan semakin menggila. Apakah kesalahan tata ruang kota, urbanisasi yang tak terbendung, populasi kendaraan yang melaju seperti deret ukur sementara pertambahan ruas jalan hanya berjalan seperti deret hitung, atau adakah masalah lain yang tidak bisa dibreakdown menjadi potongan-potongan kecil yang bisa dibereskan satu per satu. Entahlah. Cuma yang jelas, kemacetan sudah membuat peningkatan kadar stress warga Jakarta. Untungnya belum gila..

Sudah beragam cara dilakukan pemerintah pusat yang bekerjasama dengan pemerintah DKI, mulai dari pembangunan jalan layang dan tol untuk mengurangi kepadatan jalan raya biasa, membangun jalus bushway yang diharapkan bisa menuai kesuksesan seperti di Bolivia namun malah membuat tambah macet, bahkan sedang direncanakan pembuatan jalur monorail, trem, MRT atau apapun namanya, tapi tidak tahu apakah mega proyek tersebut akan membuat Jakarta bisa bernafas lega atau malah semakin sesak tercekek. Gak tau juga..

Saya juga tidak bisa men-judge siapa sebenarnya yang salah. Apakah pemerintahnya, ataukah rakyatnya, ataukah sistemnya. Ada hal-hal yang barangkali mungkin memang segelintir saja saya lihat, setidaknya bisa memberi gambaran bagi anda beberapa dari serentetan list penyebab kemacetan di Jakarta.

Gerobak Balapan Dengan Mobil dan Motor

Motor jalan ke area trotoar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s