Integrasi mail.yahoo.com Dengan Outlook 2007


Entah trik ini sudah using ato belum,,entah trik ini sudah ada yang menemukan ato belum,,tapi yang pasti tidak ada salahnya untuk berbagi,,bener ga??? Bermula dari keinginan untuk membaca email saya yang beralamat di Yahoo.com melalui MS outlook 2007, saya pun googling kesana kemari. Banyak petunjuk yang saya dapat (meskipun trik nya sama) namun hampir semuanya hasilnya nihil (tanpa hasil = gagal). Kenapa gagal??? Karena yahoo.com sejak April 2002 menghentikan fasilitas POP3 di semua email gratisnya. Tidak adanya dukungan POP3 membuat semua email yahoo gratis tidak bisa diakses menggunakan program email client seperti ms Outlook atau mozilla thunderbird. Hingga hari ini yahoo.com hanya menyediakan fasilitas POP3 bagi mereka yang berani membayar sekitar $20 per tahun, walaupun ini sebetulnya tidak terlalu mahal (kurang dari 6 cents per hari). Lain halnya dengan account yahoo yang beralamat di .co.id yang mana fasilitas POP3 nya masih aktif dan tentu saja gratis. Nah, solusi yang diberikan untuk masalah di atas oleh narasumber (ilmukomputer.com,,tapi saya lupa link lengkapnya) adalah menggunakan software gratis bernama YPOPs!. Setelah saya ikuti berbagai langkahnya ditambah dengan panduan dari blog-blog lain yang membahas hal ini,,ternyata tidak berhasil juga..hah…

Nah,,suatu hari saya iseng ngotak-atik HP Nokia E63 milik adik saya. Pada bagian message ternyata ada layanan untuk yahoo.com. Saya iseng aja ikutin konfigurasinya sampai selesai,,dan setelah itu….YIPIKAYEE,,,E63 adik saya pun bisa sinkron dengan Yahoo.com dan hasinya saya bisa ngecek email lewat HP tanpa harus membuka page yahoo.com. Saya pun mulai berpikir,,,dari HP aja bisa kenapa dari computer saya (menggunakan Outlook) ga bisa..??? Saya pinjam lagi E63 adik saya,,saya lihat lagi konfigurasi yahoo.com di bagian message. Ternyata memang ada perbedaan dari segi Account Type nya.. Kalau sewaktu kita menggunakan YPOPs! Pada settingan Account Type menggunakan POP3, sedangkan pada HP adik saya menggunakan IMAP (tepatnya IMAP4). Nah dari situ saya mulai konfigurasi ulang MS Outlook saya. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Klik Tools|Account Settings

2. Di tab E-mail klik New untuk menambah account baru.

3. Di kotak dialog berikutnya pilih Microsoft Exchange,….

4. Kemudian aktifkan pilihan Manually configure… dan klik tombol Next

5. Kemudian pilih Internet E-mail. Klik Next

6. Di pilihan Your Name isikan nama Anda. Di pilihan Email Address isikan alamat email yahoo Anda. Pilih Account Type: IMAP, dengan Incoming mailserver : imap.n.mail.yahoo.com dan Outgoing mail server (SMTP) : smtp.mobile.mail.yahoo.com. Isi User Name dengan nama yahoo id Anda yaitu alamat email tanpa diikuti @yahoo.com, misalnya untuk arie_3589@yahoo.com berarti yahoo id adalah arie_3589. Untuk password isikan password email. Selanjutnya klik tombol More Settings

7. Di tab General isi nama account email ini. Anda bisa mengisinya dengan nama email atau nama Anda sendiri

8. Di tab Outgoing Server centang My outgoing server (SMTP) requires authentication,,dan klik Use same settings as my incoming mail server.

9. Di tab Advanced isikan Incoming server (IMAP): 143 dan Outgoing server (SMTP): 587. Selanjutnya klik tombol OK

10. Klik tombol Finish untuk menyelesaikan pengaturan account

Anda juga bisa menggunakan pengaturan yang sama pada HP anda (tidak harus BlackBerry) dengan pengaturan yang sama seperti di atas. Dan lihatlah email akan datang seperti sms di hp anda . Keren kan?

40 thoughts on “Integrasi mail.yahoo.com Dengan Outlook 2007

  1. Siang mas….
    saya cb ikutin tipsnya, pas mo dicoba keluar pesan
    Enter Network Password, saya isi passwordnya trus ok, tp terus2n keluar pesan yg sama, kenapa ya? saya cari2 mslhnya ga ketemu, mohon bantuannya mas….?
    thanks

    • bentar..kamu pakai email dari server apa? yahoo atau gmail atau apa?
      kalau yahoo, yang paling enak pakai yang : yahoo.co.id, soalnya udah support pop up, jadi bisa langsung masuk ke komputer jika ada email baru.
      pakai gmail,msn,hotmail juga udah support kok..

      kira2 problemnya dimana?

    • coba ja kamu lihat dan telusuri step by step langkah2 nya..
      apa kamu udah lakuin semua secara benar?coba cek lagi deh…

    • Kalau kamu menggunakan selain YAHOO.COM, setelah step 3,langsung ke:
      1. Jangan click manual configuration.
      2. Isikan name,email,password dan retype password.
      3. klik NEXT,,,habis itu langsung deh outlook melakukan koneksi otomatis (ada 3 baris koneksi)..

      jika berhasil, maka ketiga BAR akan memiliki tanda ceklist hijau.
      Dan setelah itu, alamat emailmu sudah siap untuk digunakan..

      enjoy…

  2. munculnya kapan?
    kalau munculnya ketika email di inbox undah masuk (notifikasi warning pop up), tekan cancel aja.

    Tapi kalau muncunya pas masih setting, ada kemungkinan incoming sama outgoing servernya salah input. Atau mungkin juga salah satu settingnya ada salah input. Coba dicek lagi.

    Tapi kalau saran saya sih, sebagusnya pakai Yahoo.co.id aja atau gmail.com karena sudah mendukung fasilitas pop up (POP3). Sehingga email dtang dan disimpan di hardisk komputer. Sementara kalau pakai yahoo.com hanya mendukung IMAP dimana email yg datang hanya berupa list sementara ketika dibuka, dia akan konek lagi keserver yahoo nya. hal ini terliaht ketika internet dalam keadaan offline, maka email yahoo.com yang sudah ada di inbox tidak bisa dibuka. lain dengan gmail dan yahoo.co.id, meski internet dalam keadaan offline, email yg sudah ada di inbox dapat tetap dibuka dan dibaca. Sekian.

    Jika ada pertanyaa, silahkan mengirimkan komentar lagi..

    TX

    Orlando

  3. wuihhh… lancar gan. bisa nich setelah saya ikutin nasehat dari agan.
    selama ini saya bingung juga cara setting biar bisa emaillan yahoo.com lewat email outlook.

    ada sedikit pertanyaan nich gan, bisa gak dalam satu oultook terdiri dari bermacam2 account email.
    ane punya 2 email yahoo.com ama 1 gmail.

    mohon bantuannya ya?
    terima kasih.

  4. lapor gan. sudah dicoba dan sukses besar. ok bgt. akhirnya gw bisa move smua email yahoo gw ke hardisk. thx bgt gaaaan….

    • kalau email kantor memang spt itu mas..hal itu dikarenakan bahwa email kantor memang butuh authentifikasi terus menerus bahwa email itu dipasang dan diakses oleh verified user

    • Untuk gmail silahkan lihat article saya yang lain yg berjudul Setting Gmail di Microsoft Outlook

  5. Makasih Author, sekarang udah bisa pake yahoo.com di MS outlook 2007. Ternyata cukup ganti incoming/outgoing server sama nomor portnya (yang dipake di handphone) ya. Ga usah pake YPOPs.

  6. Thank’s broo.. outlook 2007 ku bisa baca kirim sekarang, sebelumnya hanya bisa baca, sebelumnya settinya pakai IMAP.MAIL.YAHOO.COM saya ganti sesuai sarannya.. tapi SMTP masih tetep pakai SMTP.MAIL.YAHOO.COM… kalo pakai SMTP.MOBILE.YAHOO.COM tanya password melulu.. dikasih password bener masih kagak mau…

  7. Tanks banget gan…. it really works, awalnya ga bisa karena settingan outgoing pake mobile, tapi setelah itu berhasil Gan!

  8. saya udah bkin email tpi email saya dari centrin, terus karna saya pake telkomflas jdi disuruh pengaturan dari centrinnya pake gmail buat ngirimnya, tpi knp saya bisa kirim tpi ga bisa terima email, dan terus2n keluar peringatan enter your user name dan password ya? mohon bantuannya

    • Saya terus terang belum pernah nemuin hal semacam ini.
      Barangkali email email komersial (non free) seperti cbn.net atau bisa juga centrin memiliki konfigurasi khusus supaya bisa sinkron dg outlooknya.coba nanti saya cari info lagi,biar saya posting jika sudah ketemu jawabannya.

      Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s