Menara BUMN : Menara Tertinggi Dunia Saingan Petronas


PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan tiga perusahaan plate merah lainnya dalam rangka membangun menara BUMN saingan menara Petronas, Malaysia.

“Masalah pembangunan menara, akhirnya WIKA ikut tertarik,” kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (12/3/2010).

Menurut Mustafa, sejumlah BUMN yang ingin dilibatkan dalam pembangunan menara itu sudah memberi banyak masukkan, salah satunya lokasi menara tersebut akan berdiri. Mustafa mengatakan, rata-rata mengusulkan menara itu dibangun di Jakarta.

Namun sayangnya, Mustafa belum bisa mengungkapkan kapan menara yang kabarnya dibangun khusus untuk menyaingi Menara Petronas itu bisa mulai dirancang. Pasalnya, ide tersebut masih sangat awal dan baru wacana.

Sebanyak tiga BUMN sudah menyatakan siap membangun menara BUMN yang diangan-angankan bisa menyaingi Menara Petronas dan menjadi salah satu menara tertinggi di dunia. Tiga perusahaan pelat merah itu antara lain PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI).

Mustafa berangan-angan seluruh perusahaan pelat merah bisa membangun sebuah menara layaknya menara Petronas di Malaysia. Menara bersama itu diharapkan bisa dibangun dari dana patungan seluruh BUMN yang saat ini berjumlah sekitar 140 perusahaan.

Menurutnya, saat ini kekuatan dan cakupan BUMN tersebar dengan luas di seluruh tanah air. Ia mengharapkan, dengan adanya satu simbol berupa menara tersebut, maka kekuatan yang tersebar luas itu bisa dihimpun dalam satu tempat dan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s