MT (Manager Trining) : Sebuah Tantangan dan Peluang


Grogi..Bangga..Takut..Degdegan..

Ya begitulah hal yang saya rasakan selama hampir 3 bulan ini. Ya begitulah sudah hampir tiga bulan ini saya menjalani apa yang dikatakan orang-orang sebagai EmTi / MT alias Manager Trining.

Makhluk apakah MT itu? Apakah training manager?Atau manager yang lagi ditrining?atau persiapan calon manager yang harus dilakukan melalui trining?

Yah..apapun lah itu, kira-kira seperti itulah pengertian yang sering beredar di dunia kerja sekarang, setidaknya yang saya ketahui hingga hari ini.

Banyak pengalaman yang sudah saya dapatkan selama menjalani training ini meskipun baru 3 bulan, terhitung singkat untuk ukuran orang bekerja, tapi bagi saya ini adalah waktu yang lama dan maaf, sedikit membosankan. Betapa tidak, bayangkan dalam waktu 2 bulan saya dan tentunya sejumlah anak MT lainnya digembleng dengan materi padat tentang perusahaan yang harusnya dipelajari selama 6-7 tahun oleh staf biasa! Dan itu dilakukan di dalam kelas, ada trainer, ada materi/modul, ada quiz, ada post test dan ada sesi presentasi. Wah wah wah,,benar-benar kuliah kedua nih. Padahal saya sudah dengan bangga dan senang sekali sewaktu Kepala Departemen saya yang sekaligus pembimbing skripsi saya, motivator saya juga sekaligus orang tua kedua bagi saya selama di Bogor, mengatakan “Kiky, kamu dinyatakan lulus..”, 11 September tahun lalu, tepat 8 tahun peringatan tragedy 11 September WTC. Rasanya bayang-bayang kuliah di kelas, begadang, menghafal rumus-rumus dan serangkaian aktifitas kuliah lainnya akan lepas dari diri saya. But unfortunately, ternyata ini belum berakhir. Saya masih di-press selama 2 bulan. Jam masuknya pun sama dengan orang kantoran pada umumnya, 8 pagi hingga 5 sore. Padahal sewaktu pengumuman diterima di perusahaan tersebut, saya sudah merencanakan serangkaian aktifitas menarik per hari yang akan saya lakukan selama 2 bulan mendekam sebagai MT, seperti nonton, karaoke, jalan-jalan, dsb karena sebelumnya saya mengira bahwa training tersebut hanya dilakukan beberapa jam saja sehari, tapi ternyata harapan saya benar-benar lupus. Hahaha..sedihnya.

Kembali ke masalah istilah MT, sebenarnya lulusan MT, dimanapun itu, tidak serta merta langsung menjadi manager di kantor pusat, melainkan akan menempati posisi managerial tingkat menengah (middle management) di kantor cabang perusahaan tersebut. Kenapa saya katakana kantor cabang? Karena pada umumnya perusahaan yang mengadakan program MT ini adalah perusahaan-perusahaan besar yang punya banyak cabang sehingga butuh calon-calon pemimpin di kantor cabang tersebut, baik itu bank, finance company, insurance dan supermarket. Itu untuk tahap awal ketika lulus program MT. Namun kedepannya, sangat besar kemungkinan lulusan MT ini akan menduduki posisi-posisi strategis di kantor pusat. Kira-kira begitulah sebagian yang saya tahu.

Lalu apa bedanya antara MT dengan staf?

Menurut yang saya ketahui, MT tentunya sudah pasti memiliki level di atas staf. Dan di perusahaan saya sendiri jarak antara staf dan MT itu sendiri sekitar 6 tingkat yaitu : staf, staf II, staf III, senior staf I, senior staf II, senior staf III, dan officer. Nah lulusan MT ini sendiri nantinya akan langsung berada di level officer. Jika seseorang masuk lewat staf, dia harus melewati 6 tingkat dan waktu lebih kurang 6-7 tahun untuk bisa mencapai level officer ini. Sungguh sangat menghemat waktu, dana dan tenaga. Oopps,,tapi tunggu dulu, ternyata untuk benar-benar menjadi officer yang berhasil harus melewati banyak rintangan dan tantangan, harus menguasai produk dan jasa perusahaan, dan poin penting yang membedakan antara staf dan officer adalah kemampuan menalar dan menyusun strategi untuk memenangkan pasar. Karena perusahaan telah “membayar mahal” untuk masing-masing officer, maka sangat wajar jika perusahaan menuntut kontribusi lebih dari seorang officer..

…to be continues,,

Leave a Reply

