Kategori Orang — Termasuk Kategori Manakah Anda


Saya pernah mengikuti semacam pelatihan softskill dari seorang mentor nasional yang menurut saya sangat banyak dari wejangan-wejangan beliau yang cocok kita gunakan sebagai bahan perenungan dan self discovery. Salah satunya yaitu kategori-kategori orang. Secara garis besar, ada 3 kategori orang:

1. Orang yang membicarakan orang lain

Kategori orang seperti ini adalah kategori manusia yang paling banyak di atas muka bumi, namun dikategorikan sebagai kategori paling rendah. Jika anda merasa sering melakukan ini, maka anda terkategori sebagai “below average people” atau orang di bawah rata-rata.

2. Orang yang membicarakan kejadian yang tengah terjadi
Orang-orang yang melakukan hal seperti ini jumlahnya juga cukup banyak. Mereka berbicara dan berkomentas tapi tidak menghasilkan sesuatu untuk penyelesaiannya. Kategori ini disebut kategori “average people” atau orang rata-rata.

3. Orang yang membicarakan dan memunculkan ide-ide baru
Kategori ketiga ini berjumlah sangat sedikit namun membawa pengaruh yang sangat besar bahkan bagi dua kategori manusia sebelumnya yang berjumlah jauh lebih banyak. Orang-orang pada kategori ini berpikir dan menghasilkan ide, meskipun awalnya ide tersebut terkesan konyol dan tidak masuk akal, tapi setidaknya bisa menjadi pijakan untuk menghasilkan sesuatu ide yang lebih baik. Meskipun awalnya barangkali banyak orang yang menjibir kepada orang kategori ini, namun pasti ada orang yang mau mengikuti ide orang ini. Kategori ketiga ini disebut “above average people” atau orang di atas rata-rata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s