Pemrograman Paralel Deteksi Tepi Laplacian Menggunakan MPI — Parallel Programming of Laplacian Edge Detection Using MPI


Edge (tepi) dari suatu citra yaitu area dengan intensitas kontras yang tinggi dari satu piksel ke piksel berikutnya. Citra pada umumnya, edge digunakan untuk mengkarakteristikan batasan objek yang kemudian berguna untuk segmentasi, registrasi, dan pengenalan objek dalam suatu citra. Edge detection (deteksi tepi) merupakan sebuah masalah dasar yang penting dalam analisis citra. Penerapannya pada suatu citra secara signifikan dapat mengurangi jumlah data dan menghilangkan informasi yang tidak berguna dengan tetap mempertahankan struktur penting citra tersebut. Terdapat beberapa cara untuk melakukan deteksi tepi, namun ada dua cara umum untuk melakukannya, yaitu gradient dan laplacian.

Operasi gradien sangat cocok untuk tepi yang tajam dimana piksel dari gray level berubah sangat cepat. Namun jika gray level berubah perlahan dari gelap ke terang maka operasi gradient akan menghasilkan tepi yang melebar. Maka untuk mengatasinya bisa dilakukan menggunakan metode laplacian. Metode ini akan mendeteksi zero crossing ,untuk menentukan garis batas antara hitam dan putih, yang terdapat pada turunan kedua dari citra yang bersangkutan. Kekurangann dari penerapan perator laplacian adalah sangat sensitif terhadap noise, namun demikian edge detection dengan operator ini dapat di tingkatkan hasilnya dengan menerapkan thresholding.

Dasar pemikiran dari operator laplacian adalah penggunaan turunan kedua untuk mendeteksi garis pinggir yang dihasilkan oleh perubahan kontras gray level pada citra. Kemudian mencari titik pelana (zero crossing) untuk digunakan sebagai lokasi garis tepi (edge).

Seiring dengan perkembangan tren menuju pemrosesan paralel, deteksi tepi Laplacian juga bisa diimplementasikan menggunakan pemrograman paralel. Pada kasus ini saya menggunakan MPI dengan sistem operasi Windows XP. Dan melalui uji perbandingan dengan hasil deteksi tepi menggunakan pemrograman sekuensial, diperoleh hasil yang realtif sama.

Artikel lengkap dapat diunduh di sini:

http://www.ziddu.com/download/4010156/laplacian.pdf.html

2 thoughts on “Pemrograman Paralel Deteksi Tepi Laplacian Menggunakan MPI — Parallel Programming of Laplacian Edge Detection Using MPI

  1. pemrograman pararel apaan tu sob,,…..koq gue gak mudeng koq gak pake mathlab to delphi ja gitu……guwe pngen ambil skripsi tentang deteksi tepi tu,.,.,.,tapi koq pakainya pemograman pararel……yak,,..,pusing…….. T.T. aq taune mathlab ik..,.,.,
    bagi2 ilmu dong…..dah terlanjur tua nech dikampus.

  2. Pemrograman paralel itu hampir sama dg pemrograman biasa(prosedural),cuma bedanya ada bagian program yang dibuat bekerja bersamaan(paralel).Bagian program sperti looping ataupun fungsi,bisa diparalelkan,sehingga waktu eksekusi menjadi lebih cepat.
    Sebenarnya jika tahu konsepnya,pemrograman paralel ini cukup mudah.Dan bagi saya pribadi,pemrograman paralel jauh lebih menarik daripada pemrograman prosedural.Menantang dan bikin penasaran.Cuma kalau kendala yang sering dihadapi adalah kita bingung bagian mana yang bisa diparalelkan,dan mana yang tidak.

    Matlab bisa digunakan untuk Deteksi tepi.Jadi tidak harus menggunakan Pemrg paralel.

    Nah u/ skripsi anda,saya sarankan menggunakan matlab saja.Toh hasilnya juga tidak kalah cool dg pem.Paralel.Yang penting ada sesuatu yg baru yg bisa kamu hasilkan di situ,tentunya dengan alur kerja dan kerangka berfikir yang jelas dan ilmiah.Di skripsi bukan membuat program,tapi menggunakan program u/ memecahkan permasalahan.Contoh:ingin tahu perbandingan akurasi beberapa metode deteksi tepi(metode A,B,dst).Lalu kamu buat program di matlab/delphi yg bisa melakukan deteksi tepi dg masing2 metode dengan hasil yang bisa diukur seperti persentase,akurasi,dsb.

    Sukses u/ skripsinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s