All New Honda City 2009


All New Honda City
All New Honda City

Kemunculan varian terbaru dari honda city ini sudah lama dinantikan oleh penikmat otomotif tanah air. Bukan saja karena image-nya sebagai sedan andalan honda, melainkan karena konsep energy-saving nya menjadikan honda city menjadi primadona di tengah harga minyak dunia yang makin melambung tinggi. Rencana awalnya,all new honda city akan diluncurkan pada bulan november tahun lalu. Namun karena hantaman krisis global, membuat vendor honda di Indonesia menunda peluncurannya hingga awal tahun ini. Hal ini kontan membuat para pemburu honda menjadi girang bukan main.

Secara umum, all new honda city ini mengalami perubahan besar di sisi eksterior maupun interior. Banyak perubahan yang dilakukan sehingga membuat versi baru honda city ini terlihat jauh berbeda dengan honda jazz, mengingat all new honda city tidak lagi berbagi platform dengan honda jazz melainkan sudah memiliki platform tersendiri.

Pada sisi eksterior, dapat dilihat pada model moncong yang lebih modern dan sporty (tidak lagi menyerupai honda jazz) menyerupai mobil hybrid saingan Prius, Honda Insight, yang diluncurkan di Paris Motor Show. Bagian buritan juga mengalami perubahan yakni semakin besar (agak menyerupai salah satu varian Nissan) yang berdampak pada daya tampung yang lebih besar. Tercatat bahwa kapasitas bagasi mobil ini adalah yang terbesar di kelasnya. Kemudian pada sisi interior All New Honda City dan All New Honda Jazz memiliki dashboard yang sama persis. Tapi pada bagian center console, tombol-tombol, panel-panel pintu, jok, dan shift knob memiliki perbedaan dengan All New Honda Jazz. Elemen selain dashboard yang sama dengan All New Honda Jazz adalah steering tiga jari dengan wheel with paddle shifternya.

Seperti halnya All New Honda Jazz, Honda City terbaru ini memang hanya tersedia satu jenis mesin.

Generasi sebelumnya Honda City memiliki varian lain dengan mesin yang lebih ekonomis yaitu 1.5 liter i-DSI dengan kemampuan pacu 88hp untuk bersaing dengan Aveo.

Saat ini Honda mengatakan bahwa pihaknya tidak berencana untuk menjual Honda City terbaru dengan teknologi mesin i-DSI.

Dari segi dimensi All New City hadir lebih panjang 5 mm (total 4.395 mm), lebih lebar 5 mm (total 1.695 mm) dan lebih pendek 15 mm (total 1.470 mm).

Perubahan dimensi ini sekaligus membawa rival Toyota Vios dan Suzuki Baleno ini tampak lebih aerodinamis dari generasi sebelumnya.

Di Thailand All New Honda City ini dijual dengan harga US$16.375 atau sekitar Rp 150 juta (US$1=Rp 9.300) untuk varian terendah dan $21,688 atau sekitar Rp 201,8 juta untuk model yang lebih tinggi dengan fitur tambahan twin airbags dan antilock brakes.

Honda Thailand menargetkan penjualan sebanyak 35.000 unit dalam jangka waktu 12 bulan ke depan dan 24.000 unit untuk diekspor ke berbagai belahan dunia lainnya, seperti Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Timur.

Honda City ini direncanakan akan dipajang pada Bangkok Auto Show tahun 2009 bersama rival-rivalnya yaitu, Ford Fiesta dan Mazda 2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s