Bruce Almighty


Bruce Almighty

Bruce Almighty

Barangkali ini adalah judul film yang sebagian dari ada sudah pernah menyaksikannya.

Namun tidak ada salahnya sedikit saya utarakan ulasan singkat mengenai film ini, khususnya bagi anda yang pada saat film ini diputar(bioskop/TV) kurang mengerti mengenai isi dan pesan yang dibawa oleh fil ini. Mungkin saja anda tengah asik sms-an dengan kerabat/teman sehingga tidak fokus menyaksikan film ini(hanya melihat aksi si ‘aktor’ saat menyihir apapun yang dia mau) ataupun menonton dengan sang pacar sehingga yang terlihat di layar hanya wajah pacar anda..hehehe

Sebenarnya film ini mengisahkan tentang seorang reporter tv yang bernama Bruce (Jim Carrey) yang selalu gagal dalam mencapai keinginannya sebagai ‘anchorman’. Apalagi beberapa insiden yang menimpanya. Sehingga pada suatu waktu Bruce komplain kepada tuhan. Kemudian tuhan menjelma dalam wujud manusia(Morgan Freeman) memberikan kekuatan yang dia miliki kepada Bruce. Dengan kekuatan yang baru itu Bruce melakukan apa saja bak penyihir. Ketika di jalanan macet, dia menggunakan kekuatannya untuk menyingkirkan kendaraan yang ada, kemudian ghentikan hujan dan sebagainya. Ini adalah salah satu daya tarik dari film ini. Tidak kalah seru dengan Harry Potter ^^

Namun dengan diberikannya kekuatan tuhan kepada Bruce bukan berarti dia bebas sesukanya. Dia dituntut mengerjakan salah satu tugas tuhan yakni menyelesaikan masalah yang dihadapi semua manusia. Dalam film ini dikisahkan doa-doa manusia masuk ke dalam inbox email Bruce hingga sangat penuh dan dia merasa kesulitan dalam menjawab dan mempertimbangkan doa-doa tersebut.

Apalagi sejak dia diberi kekuatan tersebut, Bruce tidak bisa berhubungan secara bebas dengan pacarnya. Akhirnya dia menyerah dan mengembalikan kekuatan yang telah ia terima kepada tuhan. Ia baru menyadari bahwa pekerjaan sebagai tuhan itu adalah pekerjaan yang berat dan tidak mungkin dipikul oleh manusia biasa termasuk Bruce. Tanpa kita sadari sebenarnya kita sering melakukan hal tersebut dalam kehidupan kita. Misalnya di saat doa yang selalu kita panjatkan, yang berisi harapan dan keinginan kita, sudah sekian lama belum juga dikabulkan oleh tuhan. Kadang kita merasa ‘ah..tuhan tidak adil sama gue nih..’ atau pernah juga terlontar ‘udah cape-cape ibadah dan berdoa siang malam, masih aja permintaan gak kesampean juga’. Padahal di balik itu tuhan punya rencana lain. Barangkali pada saat ini adalah waktu yang belum tepat untuk terkabulnya permintaan kita itu atau mungkin kita sebenarnya belum terlalu membutuhkannya. Atau bisa juga jika hal tersebut terkabul, akan memberi dampak yang buruk bagi kita ketimbang permintaan itu tidak terkabulkan. Nah tuhan jauh lebih tahu tentang kebutuhan kita karena tuhan tidak memberi apa yang kita inginkan namun tuhan memberi apa yang kita butuhkan. Percayalah ketika waktunya tepat, pasti permohonan doa tersebut akan dikabulkan tuhan. Namun dengan catatan kita bersungguh-sungguh dalam berdoa, menjauhi laranganNYA dan menjalankan perintahNYA. Dan satu lagi kunci agar doa terkabul adalah Yakin bahwa tuhan akan mengabulkan permintaan tersebut.

Oya kembali ke film di atas, sebenarnya film ini sudah ditayangkan di Amerika sejak tahun 2003 namun masih sering diputar di TV dan bioskop sampai sekarang. Menurut pendapat saya film ini layak ditonton karena banyak hikmah yang dapat kita petik di sana.

Selamat nonton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s