Hak Kekayaan Intelektual — Intellectual Property Right


Profil Orang Terkaya di Dunia

Wililam H Gates atau lebih dikenal Bill Gates, pemilik Microsoft Corporation, hingga Maret 2006 memiliki kekayaan US $ 50 miliar atau sekitar Rp. 492 trilyun. Sebagian orang akan bertanya-tanya bagaimana Bill Gates bisa memperoleh kekayaan sebesar itu? Jawabannya adalah karena adanya perlindungan terhadap kekayaan intelektual, baik merek, hak cipta dan paten, untuk semua karyanya di Microsoft. Jadi tidak ada orang atau perusahaan manapun yang bisa dengan leluasa meniru atau menjiplak produk-produk Microsoft.

Zaman sekarang disebut Knowledge Based Economy (Ekonomi Berbasis Pengetahuan). Masyarakat bukan membeli barangnya melainkan hasil pemikiran dari proses pembuatan barang itu. Orang tidak berfikir mahal atau murah melainkan kemampuan barang tersebut memenuhi kebutuhan konsumen. Jika barang tersebut berguna pasti orang akan membelinya. Sebagai contoh pembuatan telepon genggam. Telepon ini memiliki beragam jenis, beragam bentuk dan tentunya juga beragam harga tergantung fungsi yang diusungnya. Semakin mahal suatu telepon genggam, semakin banyak fungsionalitas yang mampu diakomodasikannya. Bahkan untuk zaman sekarang ada telepon genggam dengan harga mencapai puluhan juta. Namun dengan harga semahal itu ternyata masih banyak orang yang berlomba-lomba untuk membelinya. Alasannya sederhana, karena konsumen sudah tidak lagi <!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } —memikirkan harga untuk suatu hasil karya yang bernilai tinggi. Asalkan bermanfaat dan barangkali bisa membuat penggunanya berbeda dengan orang kebanyakan, orang akan rela meronggoh uang yang tidak sedikit. Mungkin harga fisik dari barang itu tidak semahal yang disebutkan tadi, namun ide dan hasil pemikiran pembuatnyalah yang membuat harganya bisa menjadi sangat mahal, namun konsumen akan tetap membelinya.

Guna menunjang dan melindungi hasil-hasil karya dan pemikiran tersebut diperlukanlah perlindungan hukum yang sah dimana hasil karya, pemikiran dan ide tersebut menjadi hak milik penemunya yang sah secara hukum dan tidak ada siapapun yang bisa dengan leluasa meniru hasil pemikiran itu. Perlindungan hukum ini dikenal dengan Hak Kekayaan Intelektual(HKI).

Hak kekayaan intelektual yaitu hak eksklusif yang diberikan negara kepada sesorang atau kelompok orang yang merupakan perlindungan terhadap penemuan, ciptaan di bidang seni dan sastra, ilmu, teknologi dan pemakaian symbol atau lambang dagang. Basisnya adalah negara. Artinya jika kita menginginkan hasil karya dan pemikiran kita dilindungi di suatu negara maka kita harus mendaftarkannya di negara yang bersangkutan, meskipun tidak harus langsung datang ke negara bersangkutan karena hal ini bisa dilakukan melalaui lembaga-lembaga yang telah ditunjuk pemerintah khusus melayani perlindungan kekayaan intelektual. silahkan klik link di bawah untuk download  Hak Kekayaan Intelektual — Intellectual Property Right.

Request for Englsh version, please send email to rezky_anadra_lee@yahoo.com with subject : Journal. Thank you very much.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s