Tips Menjadi Cerdas


Sebenarnya kecerdasan sangat mungkin dimiliki oleh setiap orang. Tidak ada kata mustahil jika ingin menjadi cerdas. Namun sayangnya rasa malaslah yang membuat orang menjadi tidak cerdas, malas belajar, malas berpikir dan malas berusaha untuk menjadi manusia-manusia cerdas. Selain itu, kecerdasan juga dipengaruhi oleh proses yang dilalui oleh seorang manusia sejak dia masih kecil, bahkan ketika dia masih di dalam kandungan.

Bangsa Yahudi adalah manusia yang paling cerdas di muka bumi dan itu sudah menjadi janji Allah di dalam Al Quran. Namun anda yang mungkin bukan orang Yahudi, bisa saja mendapatkan kecerdasan yang hampir sama dengan mereka asalkan anda berusaha untuk menjadi cerdas baik untuk diri anda ataupun anak anda kelak. Karena seperti yang saya ungkapkan di atas, kecerdasan juga dipengaruhi oleh proses yang dilalui manusia sejak lahir, bahkan sejak dia dalam kandungan ibunya. Dan dalam budaya yahudi, melahirkan anak yang cerdas adalah suatu keharusan dan kewajiban. Maka sejak di dalam kandungan, kedua orang tuanya sudah melakukan berbagai cara agar anaknya kelak menjadi manusia yang cerdas, dan cara-cara tersebut sangat mungkin untuk anda lakukan karena mudah.

Berikut beberapa hal yang dilakukan oleh bangsa Yahudi agar anaknya cerdas yaitu:

    

  1. Ketika seorang ibu diketahui telah mengandung, maka dia akan sering bernyanyi, mendengarkan music dan bermain piano. Not-not nada yang melantun dapat merangsang sel-sel otak saling bersambungan satu sama lain, sehingga menimbulkan kecerdasan. Dan saya rasa, hal ini tidak hanya berlaku bagi bayi yang berada dalam kandungan ataupun sudah lahir, namun juga berlaku bagi kita yang sudah menginjak usia remaja atau dewasa. Saya dapat berkata demikian karena melihat fenomena yang terjadi di kampus saya sendiri, bahwa sebagian mahasiswa berprestasi adalah anggota paduan suara atau mahasiswa yang berkecimpung dalam bidang seni musik.

  2. Sejak mengetahui bahwa dia mangandung, sang ibu akan selalu mengerjakan soal matematika sebanyak mungkin hingga ia melahirkan.

Hal ini sangat logis karena matematika memang membuat otak menjadi cerdas karena melatih daya nalar dan logika manusia.

  1. Sejak awal mengandung, sang ibu akan selalu mengkonsumsi kacang badam, korma dan susu.

Ini sangat realistis karena susu, korma dan kacang badam (ataupun kacang-kacangan lainnya) mengandung protein yang tinggi untuk merangsang kecerdasan.

  1. Di Lingkungan Yahudi, merokok adalah hal yang tabu. Sehingga hampir tidak ada orang Yahudi yang merokok.

Hal ini juga masuk akal karena rokok mengandung nikotin yang dapat mematikan sel syaraf otak sehingga menghalangi kecerdasan bahkan membuat kebuntuan daya pikir. Dan karena nikotin ini juga akan menempel pada gen maka kuturunan seorang perokok juga akan menjadi anak yang bodoh.

  1. Orang Yahudi sangat gemar mengkonsumsi ikan tanpa kepala dan daging, namun ikan dan daging tidak pernah dihidangkan bersamaan. Alasannya adalah memakan daging dan ikan secara bersamaan tidak baik untuk kesehatan. Daging ikan sangat baik untuk pertumbuhan otak sementara kepala ikan mengandung senyawa kimia yang dapat mengganggu pertumbuhan otak anak dalam kandungan.

  2. Ibu yang tengah mengandung wajib memakan pil minyak ikan karena sekali lagi ikan mengandung protein yang sangat tinggi bagi pertumbuhan otak.

  3. Salad dan kacang-kacangan adalah menu yang wajib dalam setiap menu makanan, terutama kacang badam.

  4. Memakan buah-buahan terlebih dahulu sebelum menyantap makanan, karena memakan buah-buahan setelah menyantap makanan akan menimbulkan rasa kantuk dan kemalasan dalam berpikir.

  5. Anak-anak Yahudi sangat memperhatikan makanan, tidak memakan sembarang makanan. Dan menu utama mereka adalah kacang-kacangan, terutama kacang badam, buah-buahan dan pil minyak ikan.

    

  6. Kelas 1 hingga kelas 6 SD, anak-anak Yahudi akan diajarkan matematika berbasis perdagangan (bisnis). Sehingga di universitas di Israel, seorang mahasiswa baru bisa lulus jika tugas akhir mereka bersama 9 teman satu timnya yakni suatu proyek perdagangan/bisnis, dapat menghasilkan laba tidak kurang dari US$ 1 juta.

  7. Olahraga adalah suatu keharusan. Olahraga yang utama adalah memanah, berlari dan dan menembak. Hal ini karena memanah dan menembak dapat melatih otak menjadi fokus, selain persiapan untuk bela Negara.

  1. Dan yang terakhir ini bukan berasal dari Israel, melainkan dari Palestina, namun inilah yang menjadi alasan mengapa Israel berambisi menghabisi anak-anak Plaestina. Di Palestina sejak dini anak-anak sudah dilatih untuk menghafal al Quran sehingga di usia yang masih sangat muda, anak-anak Palestina sudah hafal 30 juz Al Quran. Hal ini menjadi ketakutan Israel, “Jika pada usia yang semuda ini mereka sudah bisa menghafal dan menguasai Al Quran, bayangkan 20 tahun lagi mereka akan menjadi sebesar apa?”

Kesimpulannya: Israel yang sepintar itu saja sangat ketakutan dengan anak-anak Palestina yang hafal Al Quran, itu artinya membaca Al Quran, memahami dan menghafalnya dapat meningkatkan kecerdasan. Dan poin ke 12 inilah yang paling saya yakini. Mungkin dari anda berpikir bagaimana mungkin bisa menghafal Al Quran, menghafal kata-kata bahasa Indonesia saja sudah susah. Tapi ternyata itu anggapan yang salah. Allah sudah menjanjikan bahwa Allah member kemudahan dalam menghafal Al Quran dan saya sudah membuktikannya sendiri. Di waktu SMA, lebih kurang 4 tahun yang lalu, saya mendapat tugas pelajaran Agama Islam untuk menghafal Surat Yassin yang kalau dalam Al Quran ukuran besar, panjangnya sekitar 5 halaman, ternyata sangatlah mudah untuk menghafalnya. Begitu juga saat ditugaskan menghafal juz 30, juga sangat mudah untuk menghafalnya.

Nah, jika anda tertarik, silahkan mencobanya sendiri. Saya jamin, anda bisa asalkan lillahi ta’ala..

About these ads

43 Comments

  1. by, B.AFIFI, S.Pd, 24 Tahun. saat ini saya kuliah S2, baru 2bulan saya merasa yang berbeda dengan diri saya, bisa dikatakan saya adalah sosok yang saat ini merasa kehiangan kecerdasan. saya dulu mudah sekali menerima informasi-informasi baru, tapi sekarang sulit.

  2. @bung afif
    Kcerdasan pada dasarny dimiliki oleh manusia,tdak ada manusia yg bodoh.Yang ada hanyalah malas.Itu yang membuat sebagian orang menjadi bodoh.

    Banyak hal yg membuat otak yg dulunya cerdas,mudah menerima informasi,skarang menjadi susah menerima informasi,dsb.Menurut Nap.Bonaparte,otak manusia terdiri atas banyak kotak-kotak kecil untk menyimpan bragam info.Meski banyak,jumlahnya terbatas.Artinya jika terlalu banyak memasukkan “info tdak penting”,space untuk “info penting” mnjadi berkurang.Itulah sbabnya susah menerima informasi.

    Bagi Saya sndiri,disamping cara di atas,untk mpertahankan kcerdasan adalah dg memperbanyak ibadah sunah spt sholat malam,baca al quran&trjemahanya,sholat duha.Karna ibadah itu mbuat hati mnjadi bersih.Hati yg kotor,akan membuat otak tdak bkerja optimal.(bukan maksud saya mengatakan hati anda kotor lho mas..Hehe).

    Slain itu,stelah sholat subuh jgan tidur.Apalgi kalo gak sholat sbuh.Karna pertmbuhan sel2 otak itu optimal trjadi pada wktu subuh s/d skitar jam 6 pagi.
    Selain itu,dari jam 5sore smpai jam 7malam,usahain utk belajar:baca buku,koran,mecahin soal2 matematika,dll.Karena pada jam tersebut,otak juga pada fase paling optimal dlam pertumbuhannya.

    Kira2 gitu tipsnya mas.
    Kalo brhasil,kabar-kabari ya.

  3. iya bener bnget qlo mas mas blg,mlez it jurang keterpurukan, tp jujur. sussah bnget buad d lawan, heghe ,tp kdng saya mpe skrg saya kaek na susah tw
    nemuin bakat/klebihan sya mas,,sya kdg jd pesimis gtu,
    higz hikz

    • Salah satu tips menghafak yang cepat adalah :
      1. Lakukan pada jam-jam subuh (jam 3pagi hingga jam 5 pagi).
      2. lakukan dengan mengeluarkan suara dan gerakan-gerak anggota tubuh. Karena pada saat menghafal diikuti oleh suara dan gerakan anggota tubuh (ekpresi tangan, kepala,dsb) akan mampu membuat daya tangkap atas apa yang sedang dihafal jauh lebih tinggi dibanding hanya mengandalkan pikiran tanpa suara dan gerakan.

  4. wah bener banget mas, pantesan ane kalo ngapal di jam-jam segitu (jam 3 pagi or jam 5 sore) cepet nangkep, ternyata memang jam segitu tho ampuhnya hehe.
    Thanx berat ini mas, walaupun postingannya udah lama banget dan mungkin ane org yg rada telat (walau gak ada kata telat) hehe, tapi manfaat banget. Moga terus ngasih manfaat-manfaat lainnya ya…
    Dan poin bahwa Al-Quran bikin cerdas tuh setuju banget. Karena ada teman ane yang dia kalo gak ngapal alQuran nilainya langsung jeblok, akhirnya sekarang dia udah ngapal hampir 30 juz (doi cewe bro tapi hebat).
    Numpang copas ya bro. Tenang, sumber tetep kebawa ko hehe. thnx :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s